Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SMP Negeri 185 Jakartadalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia
Kelas
: LA53 – CB Professional Development
Dosen : D5684 – Siti Nadroh, S.Ag , M.Ag
Waktu : Rabu, 21 Oktober 2015
Pukul
: 11.00 – 12.30 WIB
Lokasi : SMP NEGERI 185 JAKARTA
Tim yang Hadir :
Ketua : ARGIE CHRISTOPORUS 1701290633
Anggota :
1.
ANIS SAHARA 1701295621
2.
HARTOMO FITRIANTO 1701291623
3.
IBNU HAJAR 1701359202
4.
LUCIA 1701293736
5.
ULFAH FAUZIAH 1701339106
Tim yang tidak hadir : -
ISI
A.
TEORI
Setiap orang termasuk seluruh rakyat di Indonesia memiliki
hak untuk mendapatkan pendidikan yang maksimal dan berkualitas. Sayangnya untuk
mendapatkan pendidikan, seseorang membutuhkan biaya yang cukup tinggi dan tidak
semua orang memilik kemampuan yang sama dalam memenuhi biaya tersebut. Hal ini
yang menyebabkan banyaknya Warga Negara Indonesia tidak dapat mendapatkan
pendidikan yang maksimal. Pemerintah DKI Jakarta mencoba untuk berusaha
memenuhi hak dari generasi penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan secara
maksimal dengan memberikan subsidi dari pemerintah melalui program KJP (Kartu
Jakarta Pintar). Program ini dimulai dari lingkup kecil dengan harapan jika
dapat direalisasikan dengan baik, program ini akan direalisasikan untuk semua
wilayah Indonesia agar hak seluruh warga Indonesia dapat terpenuhi seperti
warga DKI Jakarta saat ini. Oleh karena itu, kita bekerja sama dengan
pemerintah untuk mengecek apakah data KJP tepat sasaran dan apakah hak mereka
untuk mendapatkan pendidikan maksimal dengan adanya KJP terpenuhi.
B.
PERSIAPAN
Pada tanggal 16 Oktober 2015 kami kelompok CB kelas LA53 mendatangi sekolah SMPN 185
yang berada di alamat Jl. Kemandoran No. 3 Jakarta Barat. Kami tiba di SMPN 185
pukul 13.00 WIB kami bertemu dengan Bapak Sinambela yang mana beliau merupakan
Wakil Kepala Sekolah di SMPN 185 tersebut. Pada saat itu kita berkenalan satu
sama lain dan menjelaskan maksud serta tujuan kami untuk melaksanakan wawancara
untuk pendataan siswa yang terdaftar dalam Kartu Jakarta Pintar, pendataan
8355, dan menanyakan kelengkapan tentang siswa/siswi yang mengikuti Ujian
Nasional. Bapak Sinambela sangat hangat menyambut kedatangan kami. Dihari itu
akhirnya kami bernegosiasi waktu untuk pelaksanaan wawancara kepada Siswa/siswi
yang mendapatkan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Negosiasi waktu cukup sulit karena
SMPN 185 sedang dalam proses penilaian sekolah yang mana Tim penilai akan
datang sewaktu-waktu ke SMPN membuat kami sulit untuk menentukan waktu dalam
pelaksanaan pendataan KJP. Akhirnya Bapak Sinambela memutuskan untuk mengabari
kami lebih lanjut tentang waktu yang akan disediakan oleh SMPN 185 untuk kami
melakukan pendataan KJP. Bapak Sinambela meminta Nomor telpon salah satu dari
anggota kami, dan kami juga meminta kontak yang bisa dihubungi untuk informasi
lebih lanjut tentang pelaksanaan KJP. Pada saat itu Bapak Sinambela juga
meminta kami untuk membuat surat izin tugas dari BINUS Univ, dan kami
menyanggupi permintaan dari Bapak Sinambela untuk memberikan surat tugas dari
BINUS univ tentang program ini. Setelah meminta kontak yang dapat dihubungi
satu sama lain, kami izin untuk pulang. Pada Tangal 20 Oktober 2015, Bapak
Sinambela menghubungi salah satu dari anggota kami, beliau mengabarkan bahwa
pelaksanaan pendataan Siswa/Siswi KJP dapat dilaksanakan pada tanggal 21
Oktober 2015 pukul 11.00 WIB dan akhirnya pelaksanaan KJP dilaksanakan pada
waktu dan tanggal yang telah di tentukan.
C. PELAKSANAAN
Hari Rabu 21 Oktober 2015 pukul 11.00 WIB kami menuju SMP 185 Jakarta untuk melakukan pendataan KJP
sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Sebelum melakukan pendataan KJP,
kelompok kami terlebih dahulu berkoordinasi waktu berkumpul di kampus, jam
berapa kami akan berangkat, apa saja yang harus kami bawa dan kami kenakan
dalam kegiatan tersebut, pada sehari sebelumnya.
Kami berkumpul di Kampus Anggrek sekitar pukul 10.00
WIB dan 10.30 WIB kami berangkat menuju SMPN 185 Jakarta. Kegiatan di SMPN 185
Jakarta Barat ini kami laksanakan sekitar pukul 11.00 WIB. Kelompok kami tidak
lupa untuk mengecek ulang kelengkapan dan persiapan yang akan kami bawa kesana.
Waktu tempuh kami dari Kampus Anggrek menuju SMPN 185 Jakarta Barat sekitar 10
menit.
Setibanya di SMPN 185 Jakarta Barat pembelajaran yang
kami terapkan dari materi yang diterima di kelas yaitu adalah bagaimana kami
bersikap dan berperilaku kepada orang lain terutama orang yang baru kami kenal,
sebisa mungkin kami menerapkan kedisiplinan dan menghargai sesama serta
bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepada kami.
Di sana kami berenam disambut oleh pihak Wakil Kepala
Sekolah dan langsung mendiskusikan mengenai data Penerima Siswa/Siswi KJP yang
kelompok kami terima dari pihak TFI dan pihak sekolah mengumpulkan siswa/siswi
penerima KJP. Setelah sesuai data
penerima KJP yang kelompok kami miliki dan pihak sekolah miliki Wakil Kepala
Sekolah mempersilahkan kami untuk untuk melakukan pendataan KJP kepada
siswa/siswi di Mushola sekolah.
Kami membagi tugas untuk masing-masing anggota
bertanggungjawab untuk beberapa anak. Masing-masing anggota kami melakukan
wawancara diawali dengan memberikan penjelasan KJP. Kendala dari wawancara ini
yaitu ada beberapa pertanyaan yang kurang dipahami oleh siswa-siswi tersebut,
sehingga kami harus memperjelas pertanyaan dari kuesioner tersebut hingga
mereka memahaminya. Setelah selesai, kami berfoto bersama pihak sekolah sebagai
bukti bahwa kami telah melaksanakan kegiatan untuk memverifikasi KJP di SMPN
185 Jakarta Barat.
D.
BUKTI PELAKSANAAN





E.
SURVEY KINERJA
Survey Eksternal :
Kepala sekolah SMP Negeri 185 menilai kekompakan :
1.
Tim kita hadir
tepat waktu sesuai dengan yang dijanjikan.
2.
Tim kita berlaku
sopan dan santun.
3.
Tim kita
menggunakan pakaian yang sopan dan juga menggunakan jaket almameter.
4.
Tim kita yang
hadir menjalankan tugas dengan baik antara lain:
a)
datang tepat ke
sekolah SMPN 185 Jakarta.
b)
bertemu dan
bernegoisasi dengan kepala sekolah dengan koordinasi yang baik.
c)
menjelaskan apa
artinya KJP (Kartu Jakarta Pintar) kepada anak – anak.
d)
Membagikan kertas
form KJP kepada anak – anak.
e)
membantu anak-anak
menjawab pertanyaan di form KJP.
f)
Meminta data KJP,
8355 dan UN kepada kepala sekolah.
g)
Berfoto bersama
dengan kepala sekolah dan guru.
Survey
Internal :
Tim
kita kerjasamanya sudah cukup baik, karena bisa kompak (berkomunikasi lewat
medsos terutama LINE). Semua bisa kerja tanpa harus ada yang nyuruh, semua bisa
berinisiatif. Tim kita dapat hadir menjalankan tugas secara lengkap, koordinasi
dalam tim yang baik, tim kita datang tepat waktu sesuai yang dijanjikan,
berlaku sopan santun, memakai pakaian sopan dengan menggunakan jaket almamater.
PENUTUP
Hasil
kegiatan memverifikasi Data Kartu Jakarta Pintar (KJP) pada SMPN 185 Jakarta
Barat :
Kami
telah menulis Laporan Hasil Monitoring dan Evaluasi dari data KJP yang sudah
kami wawancarai kepada para siswa sebelumnya ke google docs yang telah
disediakan oleh pihak TFI (Teach For Indonesia). Untuk memasukan data tersebut,
kami masukan satu persatu data siswa yang telah kami wawancarai.
Kesimpulan dari Hasil
Pengecekan Kartu Jakarta Pintar (KJP)
Kesimpulan
dari Hasil Pengecekan KJP ini adalah bahwa siswa telah mengerti mengenai KJP
dari cara penggunaannya.
Kesimpulan dari
Pelaksanaan Memverifikasi Kartu Jakarta Pintar (KJP)
Kesimpulan
dari kegiatan yang telah kami lakukan yaitu kami dapat bersikap dan berbicara
lebih sopan dalam bertemu dengan pihak sekolah untuk meminta izin melakukan
verivikasi data KJP. Kami juga mendapat pengalaman bagaimana bersosialisasi
dengan siswa/siswi SMPN 185 Jakarta Barat. Sehingga kami dapat bersikap
profesional dalam membawa diri untuk berinteraksi dengan semua pihak yang kami
temui dalam sekolah tersebut.
Informasi Jumlah Peserta
Dari
data TFI yang kami dapat, peserta penerima KJP di SMPN 185 Jakarta Barat ada 94
anak. Namun hanya 62 anak yang baru menerima KJP dan kelompok kami mengambil 55
daftar anak penerima KJP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar