Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SDN Grogol Selatan 15 Petangdalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia
Kelas
: LA53 – CB Professional Development
Dosen : D5684 – Siti Nadroh, S.Ag , M.Ag
Waktu : Rabu, 21 Oktober 2015
Pukul
: 13.00 – 14.30 WIB
Lokasi : SDN Grogol Selatan 15 Petang
Jakarta Selatan
Tim yang Hadir :
Ketua : ARGIE CHRISTOPORUS 1701290633
Anggota :
1.
ANIS SAHARA 1701295621
2.
HARTOMO FITRIANTO 1701291623
3.
IBNU HAJAR 1701359202
4.
LUCIA 1701293736
5.
ULFAH FAUZIAH 1701339106
Tim yang tidak hadir : -
ISI
A.
TEORI
Setiap orang termasuk seluruh rakyat di Indonesia memiliki
hak untuk mendapatkan pendidikan yang maksimal dan berkualitas. Sayangnya untuk
mendapatkan pendidikan, seseorang membutuhkan biaya yang cukup tinggi dan tidak
semua orang memilik kemampuan yang sama dalam memenuhi biaya tersebut. Hal ini
yang menyebabkan banyaknya Warga Negara Indonesia tidak dapat mendapatkan
pendidikan yang maksimal. Pemerintah DKI Jakarta mencoba untuk berusaha
memenuhi hak dari generasi penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan secara maksimal
dengan memberikan subsidi dari pemerintah melalui program KJP (Kartu Jakarta
Pintar). Program ini dimulai dari lingkup kecil dengan harapan jika dapat
direalisasikan dengan baik, program ini akan direalisasikan untuk semua wilayah
Indonesia agar hak seluruh warga Indonesia dapat terpenuhi seperti warga DKI
Jakarta saat ini. Oleh karena itu, kita bekerja sama dengan pemerintah untuk
mengecek apakah data KJP tepat sasaran dan apakah hak mereka untuk mendapatkan
pendidikan maksimal dengan adanya KJP terpenuhi.
B.
PERSIAPAN
Pada tanggal 16 Oktober 2015 kami kelompok CB kelas
LA53 bermaksud mendatangi sekolah SDN Grogol Selatan 15 Petang, namun setelah
sampai di lokasi sekitar menggunakan aplikasi google maps dan waze kami tidak
dapat menemukan SDN tersebut. Kami berusaha mencari sekolah tersebut dengan
bertanya kepada warga sekitar, namun sayangnya tidak ada yang mengetahui lokasi
sekolah tersebut bahkan kebanyakan warga sekitar tidak pernah mendengar nama
SDN Grogol Selatan 15 petang. Kami pun terpaksa menyerah sementara karena masih
ada kesibukan yang harus kami lakukan, sebelumnya kami melakukan konfirmasi
dengan pihak TFI karena kami takut sekolah tersebut sudah tidak ada, namun TFI
berkata bahwa sekolah tersebut masih ada dan kami memutuskan untuk mencari
sekolah tersebut di lain hari. Akhirnya kami kembali mencari SDN tersebut pada
tanggal 19 Oktober, setelah berkeliling kesana kemari dan bertanya kepada
puluhan warga, kami menemukan sekolah tersebut di suatu gang kecil. Ketika
sampai, kondisi sekolah cukup kurang memadai dengan gedung yang perlu dirombak
sana sini. Selesai parkir, kami pun bertemu dengan koordinator KJP sekolah
terkait yaitu Ibu Anik Safitri, kami disambut dengan ramah di sekolah tersebut.
kami pun menberitahukan maksud kedatangan kami untuk melakukan verifikasi KJP
dan 8355 sekolah tersebut setelah sebelumnya mempersiapkan dokumen perizinan
dari BINUS dan dinas pendidikan. Setelah berdiskusi, kami pun sepakat untuk
mengadakan kegiatan verifikasi KJP dan 8355 pada tanggal 21 Oktober 2015.
Sebelum pulang tak lupa kami menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaannya
dan bertukar kontak agar memudahkan komunikasi.
C.
PELAKSANAAN
Hari Rabu 21 Oktober 2015 pukul 13.00 WIB kami menuju
SDN Grogol Selatan 15 Petang Jakarta Selatan untuk melakukan pendataan KJP
sesuai dengan waktu yang telah disepakaati. Sebelum melakukan pendataan KJP,
kelompok kami terlebih dahulu berkoordinasi waktu berkumpul di kampus, jam
berapa kami akan berangkat, apa saja yang harus kami bawa dan kami kenakan
dalam kegiatan tersebut, pada sehari sebelumnya.
Kami menuju ke SD setelah melaksanakan pendataan KJP
di sekolah SMPN 185 Jakarta Barat. Kegiatan di SDN Grogol Selatan 15 Petang
Jakarta Selatan ini kami laksanakan sekitar pukul 13.00 WIB. Kelompok kami
tidak lupa untuk mengecek ulang kelengkapan dan persiapan yang akan kami bawa
kesana. Setibanya di SDN Grogol Selatan 15 Petang Jakarta Selatan pembelajaran
yang kami terapkan dari materi yang diterima di kelas yaitu adalah bagaimana
kami bersikap dan berperilaku kepada orang lain terutama orang yang baru kami
kenal, sebisa mungkin kami menerapkan kedisiplinan dan menghargai sesama serta
bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepada kami.
Disana kami berenam disambut oleh pihak Kepala Sekolah,
dan kami langsung mendiskusikan dengan Kepala Sekolah mengenai data Penerima
Siswa/Siswi KJP yang kelompok kami terima dari pihak TFI dan pihak sekolah
mengumpulkan siswa/siswi penerima KJP.
Setelah sesuai data penerima KJP yang kelompok kami miliki dan pihak
sekolah miliki, Kepala Sekolah mempersilahkan kami untuk untuk melakukan
pendataan KJP kepada siswa/siswi di ruang kelas yang telah dipersiapkan oleh
pihak sekolah. Metode yang kami terapkan adalah dengan pembagian kelompok,
dimana masing-masing anggota kami bertanggungjawab atas beberapa anak.
Kurangnya dari metode ini, terkadang membuat beberapa anak kurang percaya diri
akan jawabannya yang membuat mereka ingin melihat dan menyamakan jawaban dengan
temannya. Namun saat itu kami bisa mengatasinya dengan membawakan suasana
santai yang membuat mereka secara inisiatif cerita tentang pengalaman mereka
terkait KJP yang akhirnya mereka dapat menemukan jawaban pribadi tanpa ragu
lagi.





E.
SURVEY KINERJA
Survey Eksternal :
Guru SDN 15 Petang menilai kekompakan :
1.
Tim kami hadir
tepat waktu sesuai dengan yang dijanjikan.
2.
Tim kami berlaku
sopan dan santun.
3.
Tim kami
menggunakan pakaian yang sopan dan juga menggunakan jaket almameter.
4.
Tim kami yang
hadir menjalankan tugas kami dengan baik antara lain:
a)
datang tepat waktu
ke sekolah SDN 15 Petang.
b)
bertemu dan
bernegoisasi dengan kepala sekolah dengan koordinasi waktu yang baik.
c)
menjelaskan apa
artinya KJP (Kartu Jakarta Pintar) kepada anak – anak.
d)
Membagikan kertas
form KJP kepada anak – anak.
e)
membantu anak-anak
menjawab pertanyaan di form KJP.
f)
Meminta data KJP,
8355 dan UN kepada kepala sekolah.
g)
Berfoto bersama
dengan kepala sekolah dan guru.
Survey
Internal :
Tim
kita kerjasamanya sudah cukup baik, karena bisa kompak (berkomunikasi lewat
media sosial terutama LINE). Semua bisa kerja tanpa harus ada yang menyuruh,
semua bisa berinisiatif. Tim kita dapat hadir menjalankan tugas secara lengkap,
koordinasi dalam tim yang baik, tim kita datang tepat waktu sesuai yang
dijanjikan, berlaku sopan santun, serta memakai pakaian sopan.

PENUTUP
Hasil
kegiatan memverifikasi Data Kartu Jakarta Pintar (KJP) pada SDN Grogol 15
Petang Jakarta Selatan. Kami telah menulis Laporan Hasil Monitoring dan
Evaluasi dari data KJP yang sudah kami wawancarai kepada para siswa sebelumnya
ke google docs yang telah disediakan oleh pihak TFI (Teach For Indonesia).
Untuk memasukan data tersebut, kami masukan satu persatu data siswa yang telah
kami wawancarai.
Kesimpulan dari Hasil
Pengecekan Kartu Jakarta Pintar (KJP)
Kesimpulan
dari Hasil Pengecekan KJP ini adalah bahwa siswa kurang mengerti mengenai KJP
dari cara penggunaan dan fungsinya.
Kesimpulan dari
Pelaksanaan Memverifikasi Kartu Jakarta Pintar (KJP)
Kesimpulan
dari kegiatan yang telah kami lakukan yaitu kami dapat bersikap dan berbicara
lebih sopan dalam bertemu dengan pihak sekolah untuk meminta izin melakukan
verivikasi data KJP. Kami juga mendapat pengalaman bagaimana bersosialisasi
dengan siswa/siswi SDN Grogol Selatan 15 Petang Jakarta Selatan. Sehingga kami
dapat bersikap profesional dalam membawa diri untuk berinteraksi dengan semua
pihak yang kami temui dalam sekolah tersebut.
Informasi Jumlah Peserta
Dari
data TFI yang kami dapat, peserta penerima KJP di SDN Grogol Selatan 15 Petang
Jakarta Selatan ada 60 anak. Namun hanya 29 anak yang baru menerima KJP dan
kelompok kami mengambil 26 daftar anak penerima KJP yang terdiri dari Kelas 2
total 5 anak, Kelas 3 total 6 anak, Kelas 4 total 7 anak, Kelas 5 total 3 anak,
Kelas 6 total 5 anak. Dari informasi yang kelompok kami dapatkan 1 anak putus
sekolah dan 2 anak lainnya sedang tidak masuk sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar