Rabu, 16 Desember 2015

LAPORAN 8355 SMP NEGERI 185 JAKARTA

Pendataan dan Validasi Realisasi 8355 di SMP Negeri 185 Jakarta
dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia




Kelas  : LA53 – CB Professional Development
Dosen : D5684 – Siti Nadroh, S.Ag , M.Ag
Waktu : Rabu,  7 Desember 2015
Pukul  : 9.00 – 10.30 WIB
Lokasi : SMP Negeri 185 Jakarta
Tim yang Hadir :
Ketua : ARGIE CHRISTOPORUS   1701290633
Anggota :
1.      ANIS SAHARA                    1701295621
2.      HARTOMO FITRIANTO     1701291623
3.      IBNU HAJAR                        1701359202
4.      LUCIA                                   1701293736
5.      ULFAH FAUZIAH               1701339106
Tim yang tidak hadir : -





ISI
A.      TEORI
Profesional merupakan suatu prinsip dimana kegiatan yang dilakukan ditujukan bukan untuk kepentingan pribadi melainkan kepentingan bersama, dalam kasus 8355 berarti ditujukan untuk kepentingan siswa, dinas dan juga masyarakat.
Verifikasi 8355 melatar belakangi teori profesionalisme, dimana profesionalisme sekolah dipertanyakan dan diverifikasi. Tanggung jawab juga melatar belakangi kegiatan ini, dimana sekolah harus bertanggung jawab atas setiap irelevansi (perbedaan) data yang tersedia. Kami dari pihak verifikator (BINUS) yang melakukan fungsi pengawasan juga memiliki tanggung jawab dan harus profesional serta otonomi (tidak terpengaruh faktor luar) untuk mencocokkan data seakurat mungkin dan melaporakan data sebenar benarnya.

B.      PERSIAPAN
Pada tanggal 16 Oktober 2015 kami kelompok  CB kelas LA53 mendatangi sekolah SMPN 185 yang berada di alamat Jl. Kemandoran No. 3 Jakarta Barat. Kami tiba di SMPN 185 pukul 13.00 WIB kami bertemu dengan Bapak Sinambela yang mana beliau merupakan Wakil Kepala Sekolah di SMPN 185 tersebut. Pada saat itu kita berkenalan satu sama lain dan menjelaskan maksud serta tujuan kami untuk melaksanakan wawancara untuk pendataan siswa yang terdaftar dalam Kartu Jakarta Pintar, pendataan 8355, dan menanyakan kelengkapan tentang siswa/siswi yang mengikuti Ujian Nasional. Bapak Sinambela sangat hangat menyambut kedatangan kami. Dihari itu akhirnya kami bernegosiasi waktu untuk pelaksanaan wawancara kepada Siswa/siswi yang mendapatkan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Negosiasi waktu cukup sulit karena SMPN 185 sedang dalam proses penilaian sekolah yang mana Tim penilai akan datang sewaktu-waktu ke SMPN membuat kami sulit untuk menentukan waktu dalam pelaksanaan pendataan KJP. Akhirnya Bapak Sinambela memutuskan untuk mengabari kami lebih lanjut tentang waktu yang akan disediakan oleh SMPN 185 untuk kami melakukan pendataan KJP. Bapak Sinambela meminta Nomor telpon salah satu dari anggota kami, dan kami juga meminta kontak yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lanjut tentang pelaksanaan KJP. Pada saat itu Bapak Sinambela juga meminta kami untuk membuat surat izin tugas dari BINUS Univ, dan kami menyanggupi permintaan dari Bapak Sinambela untuk memberikan surat tugas dari BINUS univ tentang program ini. Setelah meminta kontak yang dapat dihubungi satu sama lain, kami izin untuk pulang. Pada Tangal 20 Oktober 2015, Bapak Sinambela menghubungi salah satu dari anggota kami, beliau mengabarkan bahwa pelaksanaan pendataan Siswa/Siswi KJP dapat dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2015 pukul 11.00 WIB dan akhirnya pelaksanaan KJP dilaksanakan pada waktu dan tanggal yang telah di tentukan. Namun untuk pendataan 8355 dan validasi pendidikan belum dapat secepat itu ditentukan waktunya karena sekolah juga masih dalam proses merekap data. Awalnya kami sudah dikabarkan dapat mengambil data 8355 tersebut pada tanggal 30 Oktober 2015, namun ternyata data yang diberikan masih data Tahun Ajaran 2014/2015, sehingga kami masih harus menunggu lebih lanjut untuk mendapatkan data terbaru. Akhirnya pada tanggal 4 Desember 2015, kami diberi kabar bahwa pada hari Senin 7 Desember 2015 kami sudah dapat mengambil data 8355 yang terbaru untuk Tahun Ajaran 2015/2016.

C.      PELAKSANAAN
Pelaksanaan 8355 yang dilakukan di SMPN 185 ]dilaksanakan pada pertemuan ketiga, sebelumnya Bapak Sinambela telah mengabarkan kami untuk datang pada tanggal 30 Oktober 2015 pukul 10.00 WIB. Semua anggota hadir dalam pelaksanaan 8355 di SMPN 185. Setelah sampai ke sekolah SMPN 185, kami menemui Bapak Sinambela dan meminta data 8355 dari SMPN 185. Namun pada saat kami melakukan pengecekan, ternyata ada kesalahan dalam pendataan 8355 di SMPN 185 karena data yang diberikan oleh pihak SMPN 185 bukan bukan untuk tahun 2015-2016, data tersebut belum diperbaharui. Akhirnya kami meminta Bapak Sinambela untuk melakukan pengunjungannya yang ke-4 untuk memberikan data 8355 SMPN 185 yang sudah diperbaharui.
            Lalu pada tanggal 4 Desember, kami diinformasikan bahwa kami sudah dapat mengambil data 8355 yang terbaru. Pada 7 Desember 2015 pukul 09.00 WIB kami melakukan pengunjungan kembali untuk meminta data 8355 SMPN 185 yang telah diperbaharui. Pada saat sampai di SMPN 185, kami meminta data 8355 tersebut. Setelah meminta data 8355, kami melakukan pengecekan data tersebut. Setelah dicek, kami menemukan perbedaan. Jumlah anak yang terdaftar di 8355 pada data Dinas berjumlah 174 Siswa, sedangkan data 8355 di SMPN 185 bejumlah 177 Siswa. Data 8355 terdapat 6 Siswa yang tidak terdaftar di dalam data 8355 di Dinas namun ada di Data Sekolah  , dan terdapat 3 siswa yang tidak terdaftar dalam Data 8355 sekolah namun ada di data 8355 Dinas. 

D.     BUKTI PELAKSANAAN



E.      SURVEY KINERJA
Survey Eksternal :
Kepala sekolah SMP Negeri 185 menilai kekompakan :
1.      Tim kita hadir tepat waktu sesuai dengan yang dijanjikan.
2.      Tim kita berlaku sopan dan santun.
3.      Tim kita menggunakan pakaian yang sopan dan juga menggunakan jaket almameter.
4.      Tim kita yang hadir menjalankan tugas dengan baik antara lain:
a.       Meminta validasi data 8355 dan validasi perbaikan UN kepada kepala sekolah
b.      Menyesuaikan data tersebut dari sekolah dengan data yang ada pada kami.
c.       Meminta kepala sekolah untuk mengisi form evaluasi.

Survey Internal :
Tim kita kerjasamanya sudah cukup baik, karena bisa kompak (berkomunikasi lewat medsos terutama LINE). Semua bisa kerja tanpa harus ada yang nyuruh, semua bisa berinisiatif. Tim kita dapat hadir menjalankan tugas secara lengkap, koordinasi dalam tim yang baik, tim kita datang tepat waktu sesuai yang dijanjikan, berlaku sopan santun, memakai pakaian sopan dengan menggunakan jaket almamater.




PENUTUP

Hasil kegiatan memverifikasi 8355 pada SMPN 185 Jakarta Barat :
Kami telah menulis perbedaan data para siswa yang telah kami dapatkan sebelumnya ke google docs yang telah disediakan oleh pihak TFI (Teach For Indonesia). Untuk memasukan data tersebut, kami masukan satu persatu data siswa tersebut.

Kesimpulan dari Hasil Pengecekan 8355
Kesimpulan dari Hasil Pengecekan 8355 ini adalah masih ada beberapa data siswa yang berbeda antara Dinas dengan Sekolah, dan kami telah berusaha untuk memverifikasinya secara profesional serta menyampaikan secara lengkap mengenai data yang berbeda yang kami dapatkan.

Kesimpulan dari Pelaksanaan Memverivikasi 8355
Kesimpulan dari kegiatan yang telah kami lakukan yaitu kami dapat bersikap dan berbicara lebih sopan dalam bertemu dengan pihak sekolah untuk meminta izin melakukan verivikasi data 8355. Kami juga mendapat pengalaman bagaimana bersosialisasi dengan siswa/siswi SMPN 185 Jakarta Barat. Sehingga kami dapat bersikap profesional dalam membawa diri untuk berinteraksi dengan semua pihak yang kami temui dalam sekolah tersebut.

Informasi Jumlah Peserta
Jumlah anak yang terdaftar di 8355 pada data Dinas berjumlah 174 Siswa, sedangkan data 8355 di SMPN 185 bejumlah 177 Siswa. Data 8355 terdapat 6 Siswa yang tidak terdaftar di dalam data 8355 di Dinas namun ada di Data Sekolah  , dan terdapat 3 siswa yang tidak terdaftar dalam Data 8355 sekolah namun ada di data 8355 Dinas. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar