Pendataan dan
Validasi Realisasi 8355
di SDN Grogol Selatan 15 Petang
dalam Penerapan Mata Kuliah Character
Building bersama Teach For Indonesia
Kelas
: LA53 – CB Professional Development
Dosen : D5684 – Siti Nadroh, S.Ag , M.Ag
Waktu : Rabu, 21 Oktober 2015
Pukul
: 13.00 – 14.30 WIB
Lokasi : SDN Grogol Selatan 15 Petang
Jakarta Selatan
Tim yang Hadir :
Ketua : ARGIE CHRISTOPORUS 1701290633
Anggota :
1.
ANIS SAHARA 1701295621
2.
HARTOMO FITRIANTO 1701291623
3.
IBNU HAJAR 1701359202
4.
LUCIA 1701293736
5.
ULFAH FAUZIAH 1701339106
Tim yang tidak hadir : -
ISI
A.
TEORI
Profesional merupakan suatu prinsip dimana kegiatan
yang dilakukan ditujukan bukan untuk kepentingan pribadi melainkan kepentingan
bersama, dalam kasus 8355 berarti ditujukan untuk kepentingan siswa, dinas dan
juga masyarakat.
Verifikasi 8355 melatar belakangi teori
profesionalisme, dimana profesionalisme sekolah dipertanyakan dan diverifikasi.
Tanggung jawab juga melatar belakangi kegiatan ini, dimana sekolah harus
bertanggung jawab atas setiap irelevansi (perbedaan) data yang tersedia. Kami
dari pihak verifikator (BINUS) yang melakukan fungsi pengawasan juga memiliki
tanggung jawab dan harus profesional serta otonomi (tidak terpengaruh faktor
luar) untuk mencocokkan data seakurat mungkin dan melaporakan data sebenar
benarnya.
B.
PERSIAPAN
Pada tanggal 16 Oktober 2015 kami kelompok CB kelas
LA53 bermaksud mendatangi sekolah SDN Grogol Selatan 15 Petang, namun setelah
sampai di lokasi sekitar menggunakan aplikasi google maps dan waze kami tidak
dapat menemukan SDN tersebut. Kami berusaha mencari sekolah tersebut dengan
bertanya kepada warga sekitar, namun sayangnya tidak ada yang mengetahui lokasi
sekolah tersebut bahkan kebanyakan warga sekitar tidak pernah mendengar nama
SDN Grogol Selatan 15 petang. Kami pun terpaksa menyerah sementara karena masih
ada kesibukan yang harus kami lakukan, sebelumnya kami melakukan konfirmasi
dengan pihak TFI karena kami takut sekolah tersebut sudah tidak ada, namun TFI
berkata bahwa sekolah tersebut masih ada dan kami memutuskan untuk mencari
sekolah tersebut di lain hari. Akhirnya kami kembali mencari SDN tersebut pada
tanggal 19 Oktober, setelah berkeliling kesana kemari dan bertanya kepada
puluhan warga, kami menemukan sekolah tersebut di suatu gang kecil. Ketika
sampai, kondisi sekolah cukup kurang memadai dengan gedung yang perlu dirombak
sana sini. Selesai parkir, kami pun bertemu dengan koordinator KJP sekolah
terkait yaitu Ibu Anik Safitri, kami disambut dengan ramah di sekolah tersebut.
kami pun menberitahukan maksud kedatangan kami untuk melakukan verifikasi KJP
dan 8355 sekolah tersebut setelah sebelumnya mempersiapkan dokumen perizinan
dari BINUS dan dinas pendidikan. Setelah berdiskusi, kami pun sepakat untuk
mengadakan kegiatan verifikasi KJP dan 8355 pada tanggal 21 Oktober 2015.
Sebelum pulang tak lupa kami menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaannya
dan bertukar kontak agar memudahkan komunikasi.
C. PELAKSANAAN
Pelaksanaan 8355 di SDN Grogol Selatan 15 Petang
dilaksakan pada tanggal 21 Oktober pukul 11.00 WIB. Semua anggota dari kelompok
kami hadir tepat waktu. Setelah sampai di SDN Grogol Selatan 15 Petang, kami
menemui pihak yang bertanggung jawab. Kami sudah meminta izin dipertemuan
pertama dalam negosiasi waktu. Dalam pendataan 8355, kegiatan 8355 tersebut
dilakukan bersamaan dengan pendataan Siswa/Siswi tentang pendataan KJP. Sebelumnya,
kami mempersiapkan form-form yang dibutuhkan dalam kegiatan ini untuk
kelancaran tugas yang kami laksanakan, tidak lupa juga kami memberikan surat
izin tugas dari BINUS Univ untuk melakukan tugas ini kepada pihak SDN Grogol
Selatan 15 Petang.
Pelaksanaan pendataan 8355 cukup lancar karena
pendataan KJP yang dilakukan kepada Siswa/Siswi SDN Grogol Selatan 15 Petang
cukup cepat dilaksanakan. Setelah selesai dalam pendataan Siswa/Siswi KJP,
kamipun melaksanakan pendataan 8355 SDN Grogol Selatan 15 Petang. Kami meminta
data-data 8355 di SDN Grogol Selatan 15 Petang tersebut. Ibu pengawas kami dari
SDN Grogol Selatan 15 Petang mempersiapkan data-data 8355 yang kami butuhkan.
Akhirnya data 8355 siap untuk diterima oleh kami.
Ketika pengecekan, kami menemukan 1 perbedaan, jumlah
Siswa/Siswi 8355 yang terdata di SDN Grogol Selatan 15 Petang sebanyak 32
Siswa, sedangkan jumlah data 8355 di Dinas adalah 31 siswa. Setelah data 8355
dirasa lengkap kami meminta untuk memfotocopy data 8355 yang telah diberikan oleh
SDN Grogol Selatan 15 Petang. Dan untuk validasi pendidikan, kami langsung
menginputkan datanya pada form yang tersedia secara online, dengan metode
wawancara langung dengan pihak sekolah.
Kami juga meminta pihak dari SDN Grogol Selatan 15
Petang untuk mengisi form evaluasi yang dilaksanakan pada hari ini sebagai
penilaian terhadap kami. Pengecekan data 8355, validasi pendidikan, verifikasi
KJP dan pengisian form evaluasi telah selesai, kamipun izin pamit pulang dan
mengucapkan terimakasih atas waktu yang disediakan oleh SDN Grogol Selatan 15
Petang kepada kami.
D.
BUKTI PELAKSANAAN
E.
SURVEY KINERJA
Guru SDN 15 Petang menilai kekompakan :
1.
Tim kami hadir
tepat waktu sesuai dengan yang dijanjikan.
2.
Tim kami berlaku
sopan dan santun.
3.
Tim kami
menggunakan pakaian yang sopan dan juga menggunakan jaket almameter.
4.
Tim kami yang
hadir menjalankan tugas kami dengan baik, antara lain
a.
Meminta validasi
data 8355 dan validasi perbaikan UN kepada kepala sekolah
b.
Menyesuaikan data
tersebut dari sekolah dengan data yang ada pada kami.
c.
Meminta kepala
sekolah untuk mengisi form evaluasi.
Survey
Internal :
Tim
kita kerjasamanya sudah cukup baik, karena bisa kompak (berkomunikasi lewat
media sosial terutama LINE). Semua bisa kerja tanpa harus ada yang menyuruh,
semua bisa berinisiatif. Tim kita dapat hadir menjalankan tugas secara lengkap,
koordinasi dalam tim yang baik, tim kita datang tepat waktu sesuai yang
dijanjikan, berlaku sopan santun, serta memakai pakaian sopan.
PENUTUP
Hasil
kegiatan memverifikasi 8355 pada SDN Grogol Selatan 15 Petang :
Kami
telah menulis perbedaan data para siswa yang telah kami dapatkan sebelumnya ke
google docs yang telah disediakan oleh pihak TFI (Teach For Indonesia). Untuk
memasukan data tersebut, kami masukan satu persatu data siswa tersebut.
Kesimpulan dari Hasil
Pengecekan 8355
Kesimpulan
dari Hasil Pengecekan 8355 ini adalah masih ada beberapa data siswa yang
berbeda antara Dinas dengan Sekolah, dan kami telah berusaha untuk memverifikasinya
secara profesional serta menyampaikan secara lengkap mengenai data yang berbeda
yang kami dapatkan.
Kesimpulan dari
Pelaksanaan Memverivikasi 8355
Kesimpulan
dari kegiatan yang telah kami lakukan yaitu kami dapat bersikap dan berbicara lebih
sopan dalam bertemu dengan pihak sekolah untuk meminta izin melakukan
verivikasi 8355. Kami juga mendapat pengalaman bagaimana bersosialisasi dengan
siswa/siswi SDN Grogol Selatan 15 Petang. Sehingga kami dapat bersikap
profesional dalam membawa diri untuk berinteraksi dengan semua pihak yang kami
temui dalam sekolah tersebut.
Informasi Jumlah Peserta
Jumlah anak yang terdaftar di 8355 pada data Dinas
berjumlah 31 Siswa, sedangkan data 8355 di SDN Grogol Selatan 15 Petang
bejumlah 32 Siswa. Data 8355 terdapat 1 Siswa yang tidak terdaftar didalam data
8355 di Dinas namun ada di Data Sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar